18 April 2013 | 15:53 wib | Pelesir

Eksotika Pasir Merica di Pantai Tanjung Aan

image

Pasir merica dapat ditemui di sepanjang Pantai Tanjung Aan, Lombok.  Karena itulah penduduk lokal menamai Pantai Tanjung Aan dengan sebutan Pantai Pasir Merica.

 

PULAU Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), mempunyai banyak pantai indah dan alami. Laut berwarna biru dan hijau jernih serta hamparan pasir putih dapat ditemukan di Lombok. Tak mengherankan, pantai-pantai di Lombok menjadi tempat wisata favorit bagi wisatawan lokal dan mancanegara.

Salah satu pantai di Lombok yang patut dikunjungi wisatawan yang menginginkan suasana tenang dengan pemandangan cantik adalah Pantai Tanjung Aan.  Pantai di Lombok bagian selatan itu memiliki tekstur pasir sangat unik.

Wisatawan akan mendapati dua jenis pasir dalam satu hamparan pantai. Pasir jenis pertama dengan butiran sebesar biji merica. Bentuk butiran pasir pun bulat. Pasir merica dapat ditemui di sepanjang Pantai Tanjung Aan hingga ke bibir pantai. Karena itulah penduduk lokal menamai Pantai Tanjung Aan dengan sebutan Pantai Pasir Merica.

"Lebih dikenal Pantai Pasir Merica. Pasirnya bulat-bulat seperti bola. Namun besarnya seperti biji merica," kata Hasan, pemandu wisata, kepada Cempaka.

Pasir khas seperti merica itu pun menjadi peluang usaha bagi warga. Anak-anak dari kampung di sekitar pantai menawarkan pasir merica dalam wadah bekas botol air mineral kemasan ke wisatawan. Setiap botol pasir merica mereka jual Rp10.000.

Tak kalah menakjubkan adalah pasir putih yang sangat halus, nyaris seperti butiran tepung gandum. Pasir itu hanya ditemukan di balik bukit kecil Pantai Tanjung Aan. Setelah menaiki bukit kecil, wisatawan tidak akan menemukan pasir dengan butiran sebesar biji merica.

"Ya, memang aneh. Jenis pasirnya sangat beda, meski berada di satu pantai. Kedua jenis pasir itu dipisahkan oleh bukit kecil itu," kata Hasan.

Pantai Tanjung Aan dekat di sebelah timur Pantai Kuta, Lombok. Untuk mencapai Pantai Tanjung Aan, para wisatawan membutuhkan waktu sekitar dua jam dengan kendaraan bermotor dari Kota Mataram.

Selain keunikan pasir itu, para wisatawan akan disambut perpaduan panorama antara air laut yang biru dan awan cantik. Pantai Tanjung Aan memang terkenal dengan pasir putih dan bersih serta keelokan air laut. Keindahan Pantai Tanjung Aan telah menyihir wisatawan mancanegara untuk berdatangan. "Wisatawan yang datang ke pantai ini paling banyak turis asing," katanya.

Jika berada di pantai itu, wisatawan akan takjub melihat perpaduan tiga warna. Pasir berwarna putih kekuningan akibat pantulan sinar matahari. Air laut berwarna degradatif, dari hijau di bibir pantai hingga biru tua di batas cakrawala pantai. Keindahan air laut itu pun membuat wisatawan tergoda mandi atau berenang di laut.

Pantai Tanjung Aan mempunyai bukit-bukit di kanan dan kiri yang mengadang ombak ganas laut selatan, sehingga ombak menjadi cukup tenang. Bukit-bukit berwarna hijau itu membuat pemandangan Pantai Tanjung Aan menjadi lebih indah. Bila jenuh, wisatawan dapat menaiki bukit untuk mendapat pemandangan berbeda dan lebih menarik. Dari puncak bukit yang menjorok ke laut, para wisatawan dapat menikmati senja yang hening dengan panorama tak kalah cantik.

Suasana yang tenang dan masih alami menjadi pilihan bagi para wisatawan yang datang ke pantai itu. Wajar, di sekitar lokasi itu sama sekali tak ada tempat penginapan. Hanya hamparan padang rumput, tempat warga melepas hewan ternak, yang terlihat di kanan-kiri jalan menuju ke Pantai Tanjung Aan. Umumnya para wisatawan datang untuk menenangkan diri, bermain air, berjemur, memotret, atau berselancar.

Wisatawan yang ingin sering berkunjung ke lokasi itu dapat memilih tempat penginapan terjangkau di sekitar pantai. Akan tetapi jangan samakan dengan penginapan di Bali yang mempunyai acara pesta di pinggir pantai. Sejumlah penginapan di Pantai Tanjung Aan hanya menyediakan tempat tidur dan menginap. Tak heran, banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat itu untuk mencari ketenangan.

"Fasilitas dan sarana pendukung wisata memang masih minim. Namun itu kekhasan pantai ini. Di sini memang tidak ada keramaian," tutur Hasan.

Pantai Tanjung Aan menjanjikan ketenangan dan kecantikan panorama pantai sempurna. Para wisatawan dijamin tidak akan menyesal datang ke Pantai Pasir Merica. Karena kemashyurannya di kalangan wisawatan mancanegara, Pantai Tanjung Aan telah menjadi salah satu ikon wisata Pulau Lombok. Jika berada di pantai itu, wisatawan mungkin berharap sang waktu berhenti sementara. 

(Widodo)

© 2013 Tabloid Cempaka
Jl. Merak 11 Semarang Jawa Tengah. Telp. 3548118. Fax. 3545770
Email: redaksi@tabloidcempaka.com, iklan@tabloidcempaka.com