28 Mei 2013 | 09:51 wib | Solek

Mengoreksi Kesalahan Dalam Ber-Make Up

image

SERINGKALI Anda melakukan beberapa kesalahan dalam ber<I>make-up<P>. Salah memilih alas bedak, terlalu bersemangat membubuhkan maskara, kuas maskara mencoreng riasan mata, hingga menyemprotkan parfum terlalu berlebihan ke tubuh, dan masih banyak kesalahan-kesalahan lainnya. Tak perlu panik karena Anda bisa memperbaiki kesalahan tersebut, dan tak perlu mengulang dari awal apa yang sudah Anda lakukan.

 

*Masalah Alas Bedak

Masalah pertama, alas bedak mengering terlalu cepat dan anda tidak bisa membaurkannya. Cara termudah untuk mengatasinya adalah oleskan sedikit pelembab di atasnya (hal ini tidak berlaku jika yang Anda gunakan adalah powder foundation). Ambil sedikit pelembab lalu hangatkan di antara kedua tangan. Tempelkan pelembab tersebut pada wajah dalam gerakan menepuk. Lakukan secara cepat dan baurkan alas bedak yang tidak merata tersebut.

Masalah kedua, warna alas bedak terlalu gelap. Jika Anda belum mengoleskan alas bedak itu ke seluruh wajah, angkat alas bedak itu dan mulai lagi dengan alas bedak yang warnanya tepat. Anda juga bisa menambahkan lapisan tipis alas bedak yang terlalu pucat untuk memudakan warna alas bedak yang terlalu gelap itu. Cara lainnya adalah oleskan bedak yang sangat pucat.

Masalah ketiga, alas bedak terlalu muda. Atasi dengan melakukan kebalikan dari anjuran di atas. Jika anda ingin menggelapkan satu atau dua tingkat maka anda gunakan pelembab berwana (tinted moisturizer). Hangatkan di antara kedua tangan lalu tempelkan pada wajah dan baurkan pelan.

Cara lainnya, campur warna yang lebih muda dengan sampel yang warnanya terlalu tua untuk anda. Mengenakan bedak bronzing dapat membuat masalah teratasi dengan mudah. Namun sebelumnya, oleskan terlebih dahulu selapis bedak biasa. Terakhir, coba bedak yang satu tingkat lebih gelap dari alas bedak anda maka akan mendapatkan hasil yang lebih natural daripada bronzing powder

Kesalahan Memakai Concealer

Umumnya masalah dengan concealer adalah salah rias karena terlalu berat dan membuat segala sesuatu yang coba Anda tutupi justru terlihat semakin jelas.  Jika bagian bawah mata tampak kering, oleskan sedikit  krim mata sebelum membubuhkan concealer.  Gunakan gerakan menepuk-nepuk untuk memberikan pelembaban ekstra pada alas bedak.

Jika produk itu sendiri mulai mengering atau Anda tahu bahwa produk itu tampak berat bahkan sebelum anda mulai merias wajah, campur sedikit concealer dengan krim mata. Cara ini juga membuat concealer tersebut menjadi produk perawatan di bawah mata.

Jika anda mentupi jerawat dengan concealer dan hasilnya tampak seperti kulit keras, celupkan cotton buds ke dalam alas bedak. Lalu gulingkan cotton buds tersebut pada bagian yang seperti kulit keras. Tambahan pelembab dari alas bedak membantu mengurangi tampilan seperti kulit keras dari concealer tersebut.

 

* Bedak Terlalu Tebal

Anda mengoleskan bedak namun hasilnya tampak terlalu tebal atau matte, ada cara mudah mengatasinya. ika masih terdapat sedikit alas bedak di tangan anda sebaiknya gosok kedua tangan sampai agak hangat. Tempelkan tangan pada wajah. Kehangatan dan alas bedak yang sedikit itu dapat membantu menarik minyak alamiah lewat bedak secara lebih cepat.

Anda juga bisa mencoba semprotan air. Namun kemungkinan anda harus menambahkan sedikit pelembab lagi untuk menghilangkan riasan akhir yang terlalu matte.

 

 

*Make Mata Tebal Sebelah

Jika make up pada satu mata lebih tebal dari yang lainnya, cara paling mudah untuk mengoreksinya adalah menambahkan lebih banyak perona mata pada mata yang lebih tipis. Sesudah mendapatkan keseimbangan yang lebih baik, Anda dapat mencoba mengoleskan alas yang warnanya lebih pucat di atasnya untuk memudakan warna lainnya.

 

 

*Menghapus Perona Mata Yang Tertinggal

Bila perona mata jatuh pada tulang pipi ketika Anda mencoba merias mata sebaiknya jangan diusap. Melakukan hal ini hanya mendorong perona mata yang jatuh ke make up lainnya. Coba sapu dengan kuas bersih dan sedikit bedak. Jika tidak berhasil, celupkan cotton buds ke dalam alas bedak dan gunakan untuk menghapus perona mata yang jatuh. Menggulingkan cotton buds di sekitar bawah mata biasanya akan membersihkan semua bubuk. Alas bedak yang tertinggal dapat digunakan untuk membaurkan dan memperbaiki masalah.

 

 *Terlalu Banyak Menyemprotkan Parfum

Karena terlalu bersemangat, seringkali Anda menyemprotkan terlalu banyak parfum sehingga aroma yang melekat pada tubuh terlalu kuat. Nah, jika Anda punya sedikit alkohol atau pembersih wajah, Anda dapat dengan cepat menyingkirkan bau berlebihan dengan alkohol tersebut.menghindarkan kita dari kerusakan make-up keseluruhan. 

 

 

Model : Lia (Totok Shahak Modelling)

Foto : Sanjaya

(Unik A Mumpuni)

© 2013 Tabloid Cempaka
Jl. Merak 11 Semarang Jawa Tengah. Telp. 3548118. Fax. 3545770
Email: redaksi@tabloidcempaka.com, iklan@tabloidcempaka.com