01 Juli 2013 | 15:35 wib | Solek

Trik Memberikan Bayangan Hidung

image

MEMANCUNGKAN hidung dengan make up makin sering dilakukan. Bila Anda memiliki hidung yang kurang ideal  tak perlu terburu-buru untuk melakukan operasi untuk memancungkan hidung.
Tampilan hidung yang kurang mancung bisa disiasati dengan teknik contouring (memberikan bayangan). Biasanya teknik ini diaplikasikan setelah kita selesai mendandani daerah mata, dan sebelum memulas lipstik. Para makeup artist kenamaan sudah amat sering mempraktikkan teknik jitu ini untuk mendandani artis-artis aga rhidungnya terlihat lebih sempit dan mancung. Contohnya hidung Krisdayanti yang kelihatan begitu sempurna adalah berkat kepiawaian makeup artist-nya, Derry, saat mendandaninya. Namun,  tak hanya make up artist yang bisa melakukannya, Anda juga bisa, asal tahu tekniknya. Untuk mendapatkan hasil seperti yang diinginkan, coba pelajari langkah-langkah berikut:

1.Letakkan jari telunjuk Anda di sepanjang bagian tengah hidung Anda. Sisi hidung yang tidak tertutup jari adalah bagian yang diberi bayangan

2.Pulaskan bronzer atau eyeshadow warna coklat secara tipis-tipis pada sisi hidung yang tidak tertutup jari tadi

3.Angkat jari Anda kemudian teruskan bayangan Anda sampai batas alis

4. Gunakan sikat pemulas (brush) yang ukuran sedang. Bukan brush untuk memulas eyeshadow ataupun untuk memulas blush on.

5. Saat mengaplikasikan, tekan bulu sikat dengan jari telunjuk dan ibu jari sedemikian rupa, agar bentuknya menjadi datar. Dengan demikian contouring akan tercipta lebih merata.

6.Jangan teruskan <I>contouring<P> sampai cuping hidung. Berhentilah pada batas tulang hidung dan cuping hidung.

7.Lakukan dengan seksama. Jangan sampai bayangan masuk ke ujung mata. Begitu pula dengan daerah antara mata dan alis.

8.Yang terakhir perlu Anda ingat, tangan Anda perlu melakukan latihan agar terbiasa. Jadi sering-seringlah berlatih.

------

Variasi Make Up Sesuai Bentuk Hidung

SETIAP bentuk hidung memerlukan variasi <I>make up <P>yang berbeda-beda agar terlihat sesuai. Pengaplikasian <I>make up<P> yang salah bisa membuat hidung anda terlihat berkilau dan kurang sedap dipandang. Untuk menghindari hal tersebut terjadi, ada dua  tips penting yang sebaiknya anda ikuti. Yang pertama adalah jangan memakai pelembab jika anda ingin memoles make up pada bagian hidung. Sebagai gantinya, lebih baik anda memakai bedak foundation. Hindari memakai foundation berbahan minyak karena akan membuat hidung Anda semakin bersinar. Tips yang kedua adalah jangan lupa membawa alat <I>make up<P> ke mana-mana sehingga anda bisa merapikan penampilan jika dibutuhkan.
Berikut adalah tips  variasi <I>make up<P> sesuai bentung hidung :

1. Hidung lebar
Jika Anda memiliki hidung lebar, untuk membuatnya terlihat mancung adalah dengan mengaplikasikan <I>make up<P> berwarna dasar gelap di bagian hidung. Tidak hanya memilih warna gelap, anda juga bisa mengaplikasikan warna yang lebih <I>colorful<P>. Aplikasikan foundation dengan kuas yang tebal membentuk huruf C di bagian hidung anda. Mulailah dari bagian bawah garis mata hingga ke samping lubang hidung. Sedangkan bagian tengah hidung bisa anda usapkan make up dengan warna yang lebih terang.
2. Hidung sempit.
Jika anda memiliki hidung sempit, anda bisa memakai make up kebalikan dari cara sebelumnya. Anda sebaiknya mengaplikasikan warna yang lebih gelap pada bagian tengah. Kemudian di sampingnya anda usapkan warna yang lebih terang. Ini akkan membuat hidung anda terlihat lebih besar dan bervolume.
3. Hidung datar.
Bagaimana cara membuat hidung datar terlihat mancung? Ini adalah jenis hidung yang cukup banyak dimiliki oleh orang Asia. Kunci dari memancungkan hidung adalah meng-highlight sedikit bagian dari hidung Anda. Anda bisa memakai produk <I>highlight<P> untuk menandai bagian tengah hidung anda. Dengan ini, fokus pandangan adalah pada bagian tersebut sehingga hidung anda terlihat lancip.
4. Hidung panjang.
Bentuk hidung ini mungkin jarang kita temui, namun ada beberapa orang di luar sana yang memiliki bentuk hidung panjang. Jika anda memiliki hidung panjang, makeup sederhana adalah kuncinya. Aplikasikan <I>make up<P> untuk membut ujung hidung terlihat lebih pendek dan datar. Anda perlu mengaplikasikan foundation beberapa tingkat lebih gelap dari warna dasar hidung anda. Jangan lupa ratakan <I>make up<P> di sekitar lubang hidung anda.


Konsultan : Nikita Anggoro

(Unik A Mumpuni)

© 2013 Tabloid Cempaka
Jl. Merak 11 Semarang Jawa Tengah. Telp. 3548118. Fax. 3545770
Email: redaksi@tabloidcempaka.com, iklan@tabloidcempaka.com