14 Agustus 2013 | 00:23 wib | Solek

Buah dan Sayur untuk Masker Wajah

image

INGIN memiliki wajah yang  cantik, segar dan bebas dari masalah, Anda tak selalu harus  mengeluarkan biaya besar untuk pergi ke salon atau untuk ‘’memermak ‘ wajah. Anda juga tak harus selalu memakai aneka perawatan wajah yang mahal harganya atau yang berkandungan bahan kimia.
Dengan sedikit ketelatenan, Anda bisa merawat wajah dengan bahan alami yang ada di sekitar kita yaitu dengan menggunakan masker yang terbuat dari buah dan sayur. Selain murah, tentunya masker ini bebas dari bahan kimia.
Masker pada wajah memiliki bebearapa manfaat. Selain melembutkan kulit , fungsi masker adalah membuka pori-pori yang tersumbat karena kotoran, debu, maupun sisa kosmetik yang tidak bisa hilang karena pembersih biasa.
Masker tradisional juga dapat mengembalikan kelembaban dan kehalusan kulit. Memberi masker pada wajah sama dengan merilekskan otot-otot wajah. Sebaiknya gunakan masker 1-2 kali seminggu, naka kulit akan tampak cerah dan kencang.

Banyak sekali sayur dan buah-buahan yang dapat digunakan untuk membuat masker alami ini, di antaranya seperti wortel, kentang, pepaya, alpukat, stroberi, lemon, tomat, anggur, pisang, anggur ataupun bengkuang.
Pada umumnya aneka buah-buahan alami aman digunakan pada kulit apabila dalam dosis yang tepat. Namun pada kulit sensitif, kadang masih bereaksi pada bahan alami tersebut, seperti gatal atau iritasi ringan.
Untuk mencobanya pada kulit, oleskan sedikit bahan masker tradisional tersebut pada punggung tangan atau wajah selama beberapa saat. Bila kulit tidak merasakan gatal atau yang lainnya, Itu berarti kulit kulit Anda aman dengan kandungan bahan masker tersebut.

Kandungan Manfaat
Wortel mengandung vitamin A yang sangat tinggi serta sebagai sumber vitamin C, masker ini cocok digunakan untuk kulit normal dan cenderung berminyak. Sedangkan untuk wajah berjerawat, aplikasikan masker apel. Vitamin C lebih tinggi terdapat pada strawberry, cocok digunakan untuk kulit berminyak. Pisang tak hanya mengandung vitamin C namun juga vitamin B6 dan potassium serta mengandung moisturaizer alami yang dapat melembabkan wajah, sehingga dapat digunakan pada kulit kering. Masker bengkuang
cocok untuk semua jenis kulit. Bengkuang punya keistimewaan lain yang membuatnya terus dicari sebagai salah satu bahan perawatan kecantikan tradisional. Ya, bengkuang juga mengencangkan dan melembapkan kulit. Tak kalah dengan kentang, umbi penyejuk ini sanggup membersihkan kulit wajah. Sedangkan kentang, jenis umbi satu ini mengandung potasium, zat besi, karbohidrat, vitamin B, serta vitamin A dan C yang dibutuhkan kulit untuk sebagai antioksidan penangkal radikal bebas untuk memperlambat penuaan dini. Sebagai masker wajah buatan sendiri, kentang diutamakan buat mereka yang memiliki masalah kulit berminyak dan berjerawat.
Pepaya yang juga salah satu primadona bahan alami dunia kecantikan merupakan buah yang kaya manfaat. Kandungan estrogen, vitamin A, dan C di dalamnya mampu meremajakan kulit dengan mengangkat sel-sel kulit mati serta mencegah kerutan. Dan cocok digunakan semua kulit dan mampu mengatasi jerawat pada wanita dengan cara mengempeskannya
Setelah memilih salah satu masker tradisional di atas untuk hasil maksimal campurkan dengan air mawar yang kini tersedia banyak dalam kemasan. Mengandung sari bunga mawar, campuran masker akan lebih harum dan memberikan kesegaran pada kulit. Ini berfungsi sebagai toner dalam langkah terakhir perawatan masker wajah. Jadi, setelah mengoleskan masker, mendiamkannya selama 10-15 menit, dan membasuh dengan air hangat, Anda bisa mengambil kapas dan menuangkan toner air mawar.
Sebenarnya sangat mudah bukan membuat masker buatan sendiri hanya dengan menggunakan bahan yang alami seperti di atas. Berikut ini resep masker alami :

* Masker Wortel
Bahan:
- 2-3 buah wortel berukuran sedang
- 4-5 sendok makan madu
Cara pembuatan dan penggunaan:
- Rebus wortel lalu hancurkan hingga lembut
- Campurkan dengan madu
- Oleskan pada wajah, biarkan 10-15 menit.
- Bersihkan dan bilas dengan air dingin.

* Masker Apel
Bahan:
- 1 buah apel berukuran sedang
- 5 sendok makan madu
Cara pembuatan dan penggunaan:
- Parut apel hingga halus
- Campurkan dengan madu
- Oleskan pada wajah, biarkan 10-15 menit
- Cuci dengan air dingin.

* Masker Strawberry
Bahan:
- 8-10 buah strawberry
- 3 sendok makan madu
Cara pembuatan dan penggunaan:
- Hancurkan strawberry menggunakan garpu, jangan gunakan blender
- Campurkan dengan madu
- Oleskan pada wajah lalu diamkan selama 10-15 menit
- Cuci dan bersihkan wajah dengan air dingin

* Masker Pisang
Bahan:
- 2 buah pisang berukuran sedang
- 1 sendok makan madu
- 1 sendok makan oatmeal
- 1 sendok makan susu bubuk
Cara pembuatan dan pemakaian
- Hancurkan pisang menggunakan garpu, jangan terlalu halus karena akan menghasilkan air yang terlalu banyak
- Campurkan dengan madu, oatmeal dan susu bubuk
- Oleskan pada seluruh wajah, biarkan sampai 10-15 menit
- Bersihkan dengan air dingin

* Masker Alpukat
Bahan:
- ½ buah alpukat
- 5 sendok makan madu
Cara pembuatan dan penggunaan:
- Hancurkan alpukat dengan menggunakan garpu
- Campurkan madu
- Oles dan ratakan ke seluruh wajah, biarkan hingga 10-15 menit
- Bersihkan dengan menggunakan waslap yang sudah dibasahi air dingin.

* Masker Lemon
Caranya sebagai berikut :
• Tambahkan 1 sendok teh jus lemon pada putih telor kocok
• Oleskan pada wajah dan biarkan 10 menit
• Setelah itu bersihkan dengan air mawar atau air hangat

* Pisang:
• Ambil pisang ambon yang sudah masak lalu hancurkan
• Tambahkan minyak zaitun
• Gunakan dan ulangi secara teratur ramuan tersebut sebagai masker wajah.

(Unik A Mumpuni)

© 2013 Tabloid Cempaka
Jl. Merak 11 Semarang Jawa Tengah. Telp. 3548118. Fax. 3545770
Email: redaksi@tabloidcempaka.com, iklan@tabloidcempaka.com