02 September 2013 | 14:09 wib | Solek

Lendir Siput Cegah Keriput

image


Anda jangan ngeri membayangkan siput, binatang kecil berlendir tanpa kaki ini menjalar pada wajah Anda. Siput hidup kini bisa menjadi solusi bagi Anda yang menginginkan kulit wajah kencang dan awet muda.


FACIAL siput atau escargot facial, saat ini menjadi salah satu perawatan kecantikan yang sedang tren di kalangan perempuan Jepang dan Korea Selatan.  Penggunaan lendir siput untuk perawatan wajah telah memiliki perjalanan yang panjang, kata dr Lely, dokter spesialis kulit dan kecantikan Skin Beauty, sudah dimulai  sejak 2.000 tahun yang lalu hingga kini. Sementara di Jepang, penggunaan lendir siput ini diilhami dari pendaki Gunung Fuji. Sebagai obat untuk memperbaiki kulit akibat paparan matahari yang intens, para pendaki menggunakan lendir siput. Siput yang dihancurkan dan dicampur dengan susu asam dapat digunakan untuk mengobati peradangan kulit.
‘’Di Indonesia, belum ada salon kecantikan yang menawarkan layanan facial siput ini,’’ kata dr Lely kepada Cempaka.
Adalah Clinical Salon di Tokyo yang menawarkan perawatan wajah dengan menggunakan siput. Facial wajah bernama Celebrity Escargot Course. Siput yang digunakan bukanlah siput sembarangan. Melainkan siput peliharaan yang diberi makan sayuran organik, termasuk wortel, bayam, lobak Swiss, dan komatsuna hijau Jepang.
Perawatan wajah dengan siput itu berlangsung selama 60 menit. Proses terapi kulit dengan siput ini biasanya dimulai dengan membersihkan wajah  kemudian diberi krim yang mengandung sayuran organik. Krim ini berfungsi untuk menyerap lendir meresap ke kulit wajah. Kemudian setelah wajah bersih siput akan diletakkan pada wajah dan dahi, kemudian dibiarkan bergerak ke sana ke mari di wajah.
Sekresi lendir siput inilah yang dianggap 'sakti' bagi kecantikan. Lendir siput diyakini banyak mengandung protein, anti-oksidan, dan asam hyaluronic yang dapat membantu kulit untuk memperbaharui sel-sel kulit, mempertahankan kelembaban serta menghilangkan peradangan pada kulit. dan dahi anda. Lendir siput yang dapat membantu memulihkan sel-sel kulit pada wajah, dapat mengatasi kerusakan kulit yang diakibatkan oleh sinar ultraviolet berlebih atau sinar matahari.
Setelah wajah diterapi dengan lendir siput kemudian diikuti rangkaian pijat wajah, masker, dan beberapa penghantar energi listrik ke wajah.
Dr lely menyebutkan, tak hanya untuk facial, lendir siput juga banyak digunakan untuk bahan kosmetik. Dan produk impor kosmetik berbahan lendir siput sudah banyak beredar di Indonesia. Bahkan resep perawatan kulit dengan menggunakan manfaat yang terkandung di dalam siput sudah diakui oleh UNESCO. Lembaga ini menyatakan bahwa resep antiaging dari siput merupakan salah satu warisan dunia yang wajib dipelihara dan dikembangkan. Saat ini perusahaan kosmetik Jepang dan Korea banyak menggunakan lendir siput sebagai campuran utama formula kosmetiknya. Lendir bekicot, yang secara teknis disebut Helix Aspersa Muller Glycoconjugates, adalah ramuan kompleks protein, asam glikolat dan elastin yang melindungi kulit bekicot dari kerusakan terhadap batu, ranting, permukaan kasar lainnya, infeksi dan sinar ultraviolet.
“Ekstrak ini terkenal karena sifat regeneratif, memfasilitasi pemulihan jaringan yang rusak dan mengisi ulang kelembaban di kulit. Hal ini juga efektif dalam mengobati jerawat dan bekas luka,” kata dr Lely.

Perawatan Wajah Bahan Unik

Selain siput ada bekicot, ada beberapa bahan unik lainnya yang digunakan untuk terapi kesehatan wajah. Mulai dari bir, telur ikan, hingga  kotoran burung.

* Facelift Dengan Bir
Bir memiliki efek penyembuhan dan bisa membuat wajah lebih kencang. Vitamin pada bir dikatakan bisa meremajakan pori-pori dan meredakan ketegangan pada otot, serta memberikan efek segar dan bersinar pada wajah.

* Facial telur ikan
Telur ikan atau dapat disebut dengan caviar ternyata juga dapat dibuat facial untuk menyegarkan wajah.  Facial dengan caviar merupakan salah satu perawatan kulit mewah dengan hasil yang terbilang instan. Merawat kulit dengan bahan makanan yang terbuat dari telur ikan itu memang terkenal dapat memudakan kulit dan memberikan nutrisi. Perawatan tersebut dapat bekerja hingga bagian dalam kulit, sehingga mineral yang terkandung dalam caviar dapat menembus kulit. Hasilnya tidak hanya membuat kulit lebih kencang, namun juga dapat menghaluskan, meremajakan, melembabkan serta mencerahkan.

Facial Kotoran Burung

Mungkin tidak pernah menyangka, kotoran yang selama ini dianggap bau dan menjijikan ternyata dapat dibuat bahan untuk membuat wajah menjadi lebih lembut. Adalah Klinik Perawatan Kulit Shizuka di New York yang berhasil menggaet ratusan pelanggan untuk mencoba metode tersebut. Klinik tersebut mengklaim, facial kotoran burung mampu membuat wajah lebih lembut karena mengandung enzim yang dapat mengangkat sel kulit matiPerawatan dimulai dengan penguapan untuk membuka pori-pori dan melembutkan kulit. Selanjutnya krim pun dioleskan. Inilah yang disebut Bernstein dengan saat kotoran mulai bekerja. Namun tidak semua kotoran burung memiliki efek yang sama. Hanya kotoran burung bulbul yang memiliki efek demikian karena mengandung enzim dari makanannya yang berupa biji-bijian.


(Unik A Mumpuni)

© 2013 Tabloid Cempaka
Jl. Merak 11 Semarang Jawa Tengah. Telp. 3548118. Fax. 3545770
Email: redaksi@tabloidcempaka.com, iklan@tabloidcempaka.com