30 Januari 2015 | 12:03 wib | Gaya

Eksplorasi Batu Tumpuk Salatiga

image


CORAK hias batu tumpuk atau watu rumpuk yang terdiri dari batu besar dan batu kecil, khas motif batik Salatiga kini  mewujud dalam desain busana yang bisa dikenakan untuk segala suasana.


Adalah Griya Batik Selotigo yang mencoba mengangkat kekhasan motif ke dalam gaun maupun atasan bermodel simpel, dinamis dan elegan.
‘’Desain busana batik tak perlu berlebihan, karena motif dari kain batik sendiri sudah memiliki karakter,’’ kata  Fatichun dan   sang istri, Siti Kamilah,   pemilik Griya Batik Selotigo.
Jika perlu ada tambahan aplikasi atau variasi, biasanya dipilih yang tak terlalu ramai, misalnya penambah lis dari pita, smok, aplikasi payet, dan hiasan manic-manik kayu.
Untuk mengakomodasi cita rasa modern, griya Batik Selotigo juga memadukan Batik dengan jenis kain lain. ‘’Namun, kain paduannya, tak boleh lebih berat dari Batik,  seperti brokat dengan tekstur sederhana,’’ kata Siti Kamilah.
Memilih desain yang simpel, desain busana Batik Selotigo ini bisa menjadi alternatif pilihan gaya. Untuk acara resmi, gaun ungu paduan batik dan brokat bisa menjadi pilihan. Untuk ke kantor, pilih atasan hijau, biru dan cokelat yang bisa dipadankan dengan celana panjang atau legging. Dan untuk penampilan gaya, pilih gaun dengan rok bagian bawah asimetris, bagian depan lebih rendah dari bagian belakang.

Busana : Griya Batik Selotigo
                Jl Raya Salatiga Bringin Km 2
                Watu Rumpuk Salatiga
Model : Jihan (Totok Shahak Modelling)
Make Up : Sugeng

Foto : Pitra Kurniawan

(unik)

© 2013 Tabloid Cempaka
Jl. Merak 11 Semarang Jawa Tengah. Telp. 3548118. Fax. 3545770
Email: redaksi@tabloidcempaka.com, iklan@tabloidcempaka.com