05 April 2013 | 21:50 wib | Konsultasi Kesehatan Anak

Benarkah Probiotik Bermanfaat

image

Dok, sekarang beredar banyak suplemen bubuk atau susu mengandung probiotik. Apakah probiotik itu dan apakah benar bermanfaat?

 

+628132695XXXX

 

IBU, sejak paling awal, misalnya yogurt, dampai sekarang memang makin banyak probiotik beredar. Misalnya, suplemen bubuk probiotik, probiotik dalam cairan, probiotik dalam susu bayi. Probiotik adalah bakteri. Istilah probiotik berasal dari bahasa Yunani dari kata pro-bios yang berarti untuk kehidupan. Produk-produk probiotik sebenarnya mencontoh komposisi bakteri pada usus bayi yang minum ASI. 

Pada awal  kehidupan bayi dilahirkan dalam keadaan usus steril. Setelah kontak dengan ibu dan lingkungan dalam 24 jam di dalam usus bayi tumbuh bermacam-macam bakteri, antara lain coliform, bifidobacteria, staphylococcus. Dalam tinja bayi umur dua hari sudah terdapat lebih dari 108 bakteri per gram tinja. Pada usus bayi yang minum ASI tumbuh bakteri berbentuk seperti huruf Y atau V, dan dinamakan bifidobakteria. Nama bifidobakteria diambil dari bahasa Latin bifidus yang berarti bercabang. Bifidobakteria terus tumbuh pada usus bayi dan pada hari kelima koloni bifidobakteria sudah mencapai 10-11 dan  jumlah itu mendominasi mikroflora usus. Dengan dominasi bifidobacteria, pertumbuhan bakteri usus yang lain terhambat hingga tinggal seperseratus (Subijanto MS & Reza Ranuh, “Konsep Dasar Penggunaan Prebiotik-probiotik di dalam Susu Formula Bayi dan Susu Formula Khusus Alergi”, RS Dr Soetomo/FK Unair.www.pediatric,com).

Koloni bifidobakteria itulah yang kemudian terbukti sangat bermanfaat mencegah penyakit, meningkatkan daya tahan, mengurangi alergi, sehingga disebut bakteri “baik”. Itu pula yang merupakan salah satu faktor yang menyebabkan bayi mendapat ASI jarang sakit dibanding yang tak mendapat ASI. Para ahli kemudian mencontoh bifidobakteria. Namun tak semua bakteri dapat disebut probiotik, tetapi harus memenuhi kriteria tertentu. Kriteria probiotik antara lain (a) hidup di usus manusia, (b) bersifat nonpatogen atau tidak menyebabkan sakit, (c) tahan terhadap ternologi prosesing, (d) tetap stabil dalam asam lambung dan empedu, (e) dapat melekat pada sel epitel usus, (f) menghasilkan bahan antimikroba, dan (g) berpengaruh positif terhadap respons kekebalan dan metabolik.

Untuk dapat tumbuh, probiotik memerlukan makanan jenis karbohidrat antara lain inulin dan fruktooligosakharida (FOS) dan substrat makanan tersebut dinamakan pre­biotik. Prebiotik tidak diserap di usus halus, tetapi utuh sampai di usus besar dan di sini prebiotik menjadi bahan makanan probiotik agar dapat tumbuh. Di alam, prebiotik bisa didapat dari gandum, bawang bombai, bawang putih, pisang, dan berbagai bahan makanan lain. Kombinasi antara probiotik dan prebiotik oleh sebagian ahli disebut sinbiotik (Yati Soenarto,”Perkembangan Terapi Diare Anak: Proceeding 50 Tahun Ikatan Dokter Anak Indonesia”, 2005).

Mengapa bifidobakteria bermanfaat? Ada beberapa mekanisme. Pertama, bifidobakteria menghasilkan bahan seperti antibiotik untuk menekan pertumbuhan bakteri patogen atau kuman jahat. Kedua, menghambat perlekatan bakteri patogen pada reseptor di sel usus. Ketiga, memacu pengeluaran IgA, yaitu suatu sistem pertahanan badan. Keempat, memodifikasi toksin sehingga menjadi tidak berbahaya.

Ada berbagai klaim manfaat probiotik antara lain mengobati diare, mencegah intoleransi laktosa, meningkatkan sistim imun, mengobati alergi dan sebagainya. Sebagian manfaat sudah terbukti, misalnya diare karena antibiotik, pencegahan infeksi nosokomial dan beberapa manfaat lain (Juffrie M, “Peran Probiotik dalam Pe­ngobatan dan Pencegahan Diare Anak”, CPD UGM, 2012).

Kita perlu lebih bijaksana karena belum semua klaim manfaat probiotik sudah dibuktikan dengan penelitian kendali acak. Masih perlu berbagai penelitian lanjut. 

()

© 2013 Tabloid Cempaka
Jl. Merak 11 Semarang Jawa Tengah. Telp. 3548118. Fax. 3545770
Email: redaksi@tabloidcempaka.com, iklan@tabloidcempaka.com