12 April 2013 | 10:36 wib | Serambi Prie GS

Serambi Prie GS - Mengulang Semangat

SEMANGAT itu bisa diulangi. Apa yang dulu pernah menjadi sumber semangat, kini bisa diundang kembali. Untuk lebih mencintai anak-anak, misalnya, saya terbiasa mengundang kembali kenangan saat mereka saya bentak. Begitu juga dengan istri, bapak, ibu, kakak, saudara, semua memiliki moment khusus di dalam hidup kita. Rasa bersalah ternyata ada gunanya.

 

Saya memiliki buku dan komik yang biasa saya baca ulang. Setelah hitungan bulan, lebih-lebih tahun, membaca ulang adalah sensasi mengasyikkan. Seluruh cerita itu telah saya mengerti, tapi saat membacanya kembali malah terbit aneka kenangan. Saya penggemar tokoh komik Mandala Siluman Sungai Ular karya komikus Man yang saya baca saat SD. Begitu dalam kenangan saya atas komik ini hingga saat saya sudah menjadi bapak dua orang anak, tokoh Mandala itu saya buru kembali. Belum lama ini saya membeli satu peti buku lama yang isinya adalah ratusan jilid cerita silat Api Di Bukit Menoreh karya SH Mintardja.

Saya menyimpan secara khusus DVD kesayangan. Konser live Bee Gees adalah yang paling sering saya ulang-ulang. Tak jarang saya menonton sambil takjub, sambil ikut menyanyi, sambil menari, kadang-kadang sambil menimpali dengan piano di ruang tamu. Tapi yang agak konyol kadang-kadang saya menonton sambil berkaca-kaca. Untuk disebut menangis saya tak sampai hati. Karena ini pasti pemandangan ganjil bagi istri dan anak-anak.      

Tapi benar: menonton, membaca, mendengar sesuatu yang khusus dalam hidup saya mendatangkan berbagai  sensasi yang tak terduga. Tapi ujung dari semua sensasi itu satu: ia mendatangkan kegembiraan dalam menjalani hidup. Penting sekali menjalani hidup yang berat ini tidak cuma dengan tahan menderita, tapi juga dengan lebih bergembira.

Saya masih ingat ketika pada suatu pagi, untuk kesekian kali, saya kembali menonton DVD Bee Gees saat mereka bernyanyi bersama Celine Dion, saya dibuat berkaca-kaca dan langsung menunaikan salat dhuha. Bagi saya, penampilan mereka adalah bukti ke sekian tentang kebesaran Allah yang menebarkan keindahan di berbagai zona mulai dari kerdip bintang, desau angin, terbitnya siang dan malam sampai ke tenggorokan Celine Dion.

Ada begitu begitu banyak keindahan tersembunyi salah satunya di balik kenangan. Bongkar dan temukan. 

(Prie GS)

© 2013 Tabloid Cempaka
Jl. Merak 11 Semarang Jawa Tengah. Telp. 3548118. Fax. 3545770
Email: redaksi@tabloidcempaka.com, iklan@tabloidcempaka.com