23 Februari 2015 | 13:14 wib | Herbal

Serai, Meluruhkan Racun dalam Tubuh

image

 

 

 

Serai digunakan untuk detoksifikasi dengan meningkatkan jumlah buang air kecil. Hal itu membuat seluruh organ pencernaan, seperti hati, pankreas, ginjal, dan kandung kemih, bersih dan sehat. 

 

Serai atau sering disebut sereh sudah akrab di telinga kita. Bahkan sering dikonsumsi, baik untuk bumbu masakan maupun bahan minuman kesehatan, khususnya untuk penghangat badan. Raditya (45) kerap meminta dibuatkan wedang serai. Selain beraroma wangi, wedang serai nikmat dan menghangatkan tubuh. ''Apalagi pada musim hujan seperti sekarang. Minum wedang serai sore hari membuat tubuh hangat dan sehat,'' katanya.

Serai sering dijumpai di pekarangan rumah. Tanaman sejenis rumput itu menyukai air, sehingga banyak ditanam di tepi sungai atau halaman belakang rumah dekat pembuangan air. Serai masuk keluarga rumput <I>Poaceae<P> yang banyak dijumpai di  daerah tropis Asia. Tanaman serai berbatang kasar, berumbai dengan daun tengah tumbuh di tandan tebal. 

Banyak manfaat serai untuk kesehatan sudah diyakini masyarakat. Dari tinjauan ilmilah, pakar herbal dari Semarang, Alkhamudi SSI APt, menyatakan dalam beberapa penelitian, daun serai mengandung zat antimikroba dan antibakteri yang sangat berguna untuk mengatasi infeksi lambung, usus, saluran kandung kemih, dan luka. ''Serai juga banyak digunakan sebagai pereda kejang, antireumatik, dan bersifat diuretik,''  katanya.  

Manfaat lain adalah membantu mengurangi gangguan insomnia, gangguan pernapasan, demam, nyeri, infeksi, rematik, dan edema. Alumnus Fakultas Farmasi UGM itu menyatakan kandungan antioksidan ramuan serai juga membantu mempertahankan tingkat kolesterol, kesehatan selular, sistem saraf, kulit yang sehat, dan sistem kekebalan tubuh. Serai juga efektif mengatasi diabetes tipe 2, kanker, obesitas, dan membantu detoksifikasi. serai banyak digunakan dalam aromaterapi dan membantu mengurangi kelelahan, kecemasan, dan bau badan.

Dilihat dari kandungannya, kata Alkhamudi, serai adalah gudang nutrisi aromatik penting yang memberikan berbagai manfaat kesehatan. Serai adalah sumber vitamin penting seperti vitamin A, B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin) B5 (asam pantotenat), B6, folat, dan vitamin C. Serai juga menyediakan mineral penting, seperti potasium , kalsium, magnesium, fosfor, mangan, tembaga, seng, dan besi yang dibutuhkan tubuh agar sehat.

Mematikan Sel Kanker

Dalam beberapa penelitian diketahui serai efektif mengatasi berbagai jenis kanker tanpa memengaruhi sel tubuh yang normal dan sehat. Setiap 100 gram serai mengandung zat antioksidan yang bermanfaat mencegah kanker. Penelitian tim University Gurion di Israel menemukan dalam serai ada senyawa yang dapat mematikan sel kanker tanpa merusak sel sehat.

Penelitian membuktikan aktivitas antikanker serai menunjukkan hasil menjanjikan dalam pencegahan kanker kulit. Penelitian lain menunjukkan serai membantu menghambat pertumbuhan sel kanker hati fase awal dan mencegah pembentukan lebih lanjut. Efek lain, serai dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

Pemakaian daun serai juga bermanfaat untuk merawat kecantikan, misalnya memperindah kulit. Efek penggunaan kosmetik yang mengandung daun serai adalah menghilangkan jerawat dan berfungsi sebagai penyegar.

"Serai bermanfat sebagai tonik kulit dan sebagai pembersih yang efektif bagi kulit berminyak atau berjerawat karena sifat astringen dan antiseptik. Sebab, serai memperkuat jaringan kulit dan mengencangkan pori-pori serta mensterilkan,'' tutur ahli farmasi RS dr Kariadi Semarang itu.

Serai sangat baik pula untuk detoksifikasi tubuh, dapat membantu membersihan racun berbahaya keluar dari tubuh karena bersifat diuretik. Detoksifikasi membantu memperlancar fungsi berbagai organ tubuh, termasuk hati dan ginjal, serta membantu menurunkan kadar asam urat. 

Efek diuretik serai membantu meningkatkan jumlah dan frekuensi buang air kecil sehingga menjaga kesehatan pencernaan. Serai untuk detoksifikasi melalui peningkatan jumlah buang air kecil. Hal itu tentu sangat bermanfaat membuat seluruh organ pencernaan seperti hati, pankreas, ginjal, dan kandung kemih bersih dan sehat karena beragam racun tersingkir.

Meski aman, kata Alkhamudi, penggunaan teh herbal serai dapat mengakibatkan reaksi alergi pada beberapa orang. Jika ada gejala alergi, dia menganjurkan segera menghentikan penggunaan dan mencari bantuan medis.

Minyak serai murni tak harus diterapkan secara langsung ke tubuh karena dapat mengakibatkan reaksi berbahaya. ''Karena itu selalu dianjurkan menghindarkan minyak serai murni dari jangkauan anak,'' ucap pria kelahiran 4 November 1968 itu. 

 

Khasiat Sere

1. Batuk

Gunakan sebatang daun serau, 1 jempol jahe bakar, 1/2 jari kayu manis, 7 biji cengkih, 7 biji kapulaga dalam empat gelas air. Rebus dengan menambahkan sedikit garam dan gula merah. Minum ramuan itu pagi dan sore hari hingga batuk hilang.

 

2. Rematik

Rebus 7 batang sereh, segenggam daun jeruk nipis dalam enam gelas air sampai mendidih, lalu campurkan air dingin secukupnya, untuk beredam kira-kira setengah jam. Lakukan rutin sampai sembuh.

 

3. Detoksifikasi

Rebus 70 gram serai dengan air 100 cc, lalu minum air rebusan itu pada pagi hari sebelum mengonsumsi makanan atau minuman lain. Biarkan sejam sebelum  menyantap makanan lain.

 

4. Melancarkan Haid

Memarkan 2 batang serai, rebus dengan dua gelas air. Setelah air menyusut dan harum, tambahkan gula merah secukupnya dan dinginkan. Minum hangat-hangat tiga perempat gelas, dua kali sehari.

 

5. Asam Urat

Rebus 10 lembar daun salam, rebus dengan 700 cc air dan dua batang serai hingga tersisa 200 cc. Lalu, minum airnya selagi hangat secara rutin sehari segelas atau dua gelas.

 

6. Mencegah Kanker

Rebus 100 gram serai dengan dua gelas air. Panaskan hingga 15 menit dan minum pada pagi dan sore hari setengah gelas setiap kali minum.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(pitra)

© 2013 Tabloid Cempaka
Jl. Merak 11 Semarang Jawa Tengah. Telp. 3548118. Fax. 3545770
Email: redaksi@tabloidcempaka.com, iklan@tabloidcempaka.com