05 April 2013 | 18:46 wib | Sehat

Melatih Keseimbangan dengan Bosu

image

 

Keseimbangan adalah hal penting yang harus ada di dalam tubuh kita agar semua kerja organ lancar, dan metabolisme berjalan sempurna. Melatih keseimbangan juga berarti melatih motorik, menggerakkan seluruh otot dan sendi agar bekerja optimal dan semestinya.

Nah, salah satu cara untuk melatih keseimbangan adalah dengan berlatih senam secara teratur. Jika Anda adalah penggemar senam menggunakan alat bantu, Anda sekali waktu bisa mencoba bosu balance trainer. Yaitu senam yang menggunakan beberapa alat bantu seperti bosu ballast atau bola pasir dan bosu fitness ball yang berbentuk bola kecil-kecil berisi pemberat berupa pasir. Senam dengan bosu adalah senam yang bertujuan melatih motorik untuk nantinya mengajak tubuh mencapai keseimbangan yang optimal.

Dengan menggunakan bola bosu ini Anda bisa menggabungkan gerakan-gerakan dari pilates atau yoga, atau malah gerakan-gerakan dalam senam pembentukan.

Sebuah bola bosu sebenarnya mirip dengan bola kebugaran biasa. Bola ini memiliki dua sisi, satu sisi berbentuk bulat atau disebut sebagai kubah dan sisi lainnya adalah datar atau lebih umum disebut sebagai platform. Bola kebugaran berbentuk unik memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai rutinitas latihan tanpa perlu menggunakan peralatan olahraga besar lainnya.   n Intan Esty/ Foto: Pitra Kurniawan

 

Gerakan 1 : 

Letakkan kedua kaki di atas bola, rentangkan kedua tangan ke depan dada, kemudian turunkan tubuh hingga kedua lutut menekuk. Jaga keseimbangan hingga tubuh dan punggung bisa tetap lurus dan pandangan ke depan. Naikkan kembali tubuh, turunkan kembali dengan Anda tetap menjaga keseimbangan. (gbr 1)

 

Gerakan 2 : Letakkan kedua tangan di atas bola, posisikan tubuh dalam keadaan push up deng­an kaki bertumpu pada ujung jemarinya. Kemudian dengan punggung tetap lurus dan perut tertarik ke dalam lakukan push up. Jaga keseimbangan ketika tangan Anda bekerja sebagai tumpuan tubuh. (gbr 2)

 

 

Gerakan 3 : 

Tekuk siku dan letakkan kedua lengan bawah Anda di atas bola bosu. Luruskan punggung dengan cara mendorong tubuh ke atas menggunakan ujung jemari kaki. Kemudian dengan menjaga keseimbang­an pada kedua tangan, luruskan kaki kiri hingga sejajar dengan punggung dan pantat. Tahan selama beberap hitungan baru kembalikan lagi tubuh ke posisi semula. (gbr 3)

 

Gerakan 4 : 

Duduklah di atas bola dengan punggung rebah, kedua tangan berada di belakang pantat menyangga tubuh, dan kedua lutut kaki tertekuk. Kemudian dengan menjaga keseimbangan, luruskan kedua kaki ke depan atas. (gbr 4)

 

Gerakan 5 : 

Masih  duduk dengan punggung sedikit rebah. Tekuk lutut, biarkan kaki berada di depan dada. Kemudian dorong kedua tangan ke depan pelan-pelan, jaga keseimbangan tubuh menggunakan pantat dan pinggang Anda. (gbr 5)

Gerakan 6 : 

Telungkuplah di atas bola dengan perut menekan bola, kedua tangan lurus ke depan dan kedua kaki lurus ke belakang. Lakukan posisi seperti terbang ini dengan tetap menjaga keseimbangan. Kemudian setelah keseimbangan didapat, tarik kedua tangan ke atas hingga punggung ikut terangkat. 

(gbr 6)

 

Model : 

Irene, Roni

Lokasi :Celebrity Fitness, Paragon City Mall Semarang

 

()

© 2013 Tabloid Cempaka
Jl. Merak 11 Semarang Jawa Tengah. Telp. 3548118. Fax. 3545770
Email: redaksi@tabloidcempaka.com, iklan@tabloidcempaka.com