05 April 2013 | 22:03 wib | Sehat

Mengusir Lemak dengan Zumba

image
Foto : Sanjaya.

 

Lewat tangan Alberto Perez, zumba pun lahir. Pertama di Kolombia, kemudian melayang-layang hingga merambah benua lain termasuk ke Indonesia. Di Indonesia sendiri zumba makin populer, didengungkan kesana kemari. Zumba gampang diterima masyarakat lantaran ia adalah jenis olahraga yang membawa napas baru, dimana di dalam manfaatnya membugarkan tubuh ia juga melahirkan perasaan yang menyenangkan. Karena hampir seluruh gerakan yang ada pada zumba, adalah gabungan dari tarian-tarian indah dari berbagai benua.

Di dalam zumba ada salsa, marengge, flamengo, hiphop, belly dance, dan tarian-tarian lain yang dirangkai dalam satu senam yang riang dan menyenangkan selama kurang lebih 60 menitan lamanya. 

Seperti senam lainnya, zumba diawali dengan warming up atau pemanasan, masuk ke gerakan inti, kemudian diakhiri dengan cooling down atau pendinginan. Selama satu jam gerakan inti, ada sekitar belasan lagu yang mengiringi. Mulai lagu dari tarian salsa hingga lagu hiphop yang berirama cepat.

Manfaat zumba sangat banyak, seperti layaknya aerobik ia bisa membantu Anda meluruhkan tumpukan lemak, membakar kalori, melatih kardio, juga melatih kekuatan paru-paru. 

 

Gerakan 1 : berdirilah dengan kaki rapat. Dengan mengikuti irama lagu, lakukan tarian samba. Yaitu kaki kanan melangkah di depan kaki kiri dan ikuti dengan gerakan tangan kiri yang berada di depan dada dan tangan kiri yang melambai ke arah kanan. Lakukan dengan gerakan pinggul sesuai irama lagu. Arahkan langkah agar sesuai ketukan irama. (gbr 1)

 

Gerakan 2 : buka kaki selebar bahu dan tautkan kedua tangan di depan dada. Kemudian dengan mengikuti irama lagu, gerakkan pinggul ke kanan dan gerakkan kedua tangan di arah yang sebaliknya. Lakukan sebanyak dua ketukan dan ganti arah. (gbr 2)

 

Gerakan 3 : buka kaki lebar-lebar dan luruskan punggung. Goyangkan pinggul ke arah kiri, biarkan kaki kanan berjinjit dan kedua tangan mendorong tubuh ke samping kanan belakang. Lakukan seperti Anda tengah menari, mengikuti irama. (gbr 3)

 

Gerakan 4 : buka kaki lebar-lebar, tautkan kedua tangan di atas kepala Anda. Dengan mengikuti irama, goyangkan pinggung ke kanan, ikuti dengan mendorong kedua tangan di arah yang sebaliknya.Ulangi gerakan dengan membalik arah gerakan. (gbr 4)

 

Gerakan 5 : buka kaki lebar-lebar, tekuk kedua lutut dan rendahkan tubuh Anda. Goyangkan pinggul Anda ke kanan, ikuti dengan mendorong tangan kanan Anda ke arah yang sama. Biarkan tubuh meliuk mengikuti gerakan pinggul Anda (gbr 5).

 

 

Model : Ririt Burmester, Elvi Luebkemann.

Teks : Intan Esty

Foto : Sanjaya.

Lokasi : Water Blaster Semarang. 

 

 

(Intan Esty)

© 2013 Tabloid Cempaka
Jl. Merak 11 Semarang Jawa Tengah. Telp. 3548118. Fax. 3545770
Email: redaksi@tabloidcempaka.com, iklan@tabloidcempaka.com