22 April 2013 | 13:16 wib | Cicip

Duet Lezat Risoles dan Racikan Bubuk Kopi

image

Semua sajian bertarif kantong mahasiswa.

 

PARA penikmat kopi tahu, di samping secangkir kopi harus ada camilan. Camilan itu beragam. Ada jajan pasar, ada roti bakar. Nah, di D'Coffee Kafe, Tembalang Baru 4 Nomor 4 Semarang, secangkir kopi lelet tak hanya disandingkan dengan roti bakar. Ada juga risoles telur keju spesial yang gurih dan mantap.

Risoles yang terhidang di sebuah piring hitam dibelah dua. Sebelum lidah Anda mencicipi rasanya, mata sudah terpikat isi risoles yang terlihat menggiurkan. Ada potongan telur, smoked beef, dan lapisan keju. Semua bercampur menjadi satu dengan adonan isi yang sangat creamy.

Risoles ala D'Coffee memiliki rasa mengasyikkan. Renyah dan gurih di luar, tetapi lembut dan gurih bercampur manis di dalam. Rasa keju terasa penuh, bercampur adonan isi bertabur perasa dan oregano. Risoles spesial itu disajikan lengkap dengan mayonaise dan saus sambal.

Kopi lelet yang tersaji dalam cangkir kecil. Ukuran yang pas bagi penyuka kopi kental pahit, tanpa tambahan apa pun seperti susu, krim, atau taburan cokelat.

 

Harga Terjangkau

D'Coffee berada di ruas jalan yang tak terlalu ramai lalu-lalang mobil dan motor. Namun berada persis di jalan utama kompleks dengan kanan-kiri dipenuhi rumah kos mahasiswa.

Buka mulai pukul 10.00 hingga 22.00, D'Coffee menawarkan suasana kafe yang homy. Nyaman buat bersantai bersama sahabat atau keluarga.

Kafe itu terbuka, menyatu dengan bagian luar. Anda bisa memilih bersantai di teras kafe atau merapat ke dalam dan menikmati interior ruangan yang didominasi warna hitam dan merah. Di dalam ruangan, Anda bisa merapat di meja-kursi kayu yang melingkar memenuhi sudut ruangan bagian kiri. Atau bersantai di kursi tinggi di depan bar.

Untuk memilih sajian, tak ada buku menu. Semua hidangan hari itu siap, selalu ditulis lengkap di papan tulis berkapur warna-warni di belakang bar. Anda tinggal memilih satu atau dua, dan pramusaji langsung menyajikan dalam waktu tak terlalu lama.

Dita, sang pemilik, menuturkan menu yang disediakan gampang diolah. "Saya pilihkan menu yang gampang. Menu yang disukai para mahawiswa yang hanya membutuhkan tempat mengobrol ditemani racikan kopi dan camilan lezat," katanya.

Kapasitas D'Coffee antara 20 dan 30 orang. Karena pangsa pasar yang dituju mahasiswa, harga yang dia tawarkan pun sangat terjangkau saku mahasiswa. Tarif minuman dari Rp 2.000 hingga Rp 9.000, dengankan penganan antara Rp 6.000 dan Rp 10.000.

 

Galantin Mantap

Minuman yang tersedia kebanyakan berbahan baku bubuk kopi. Ada creamy chocoreo, mocca latte, kopi lelet, cappucino, serta mocha freeze. Bila tak terlalu menyukai kopi, Anda bisa memilih segelas bubble gum, teh dilmah, lemonade, atau lemon frappe. "Andalan kami adalah creamy chochoreo," ujar Dita.

Minuman andalan D'Coffee itu tersaji dalam gelas tinggi. Ada campuran cokelat, kopi, dan krim yang lezat. Di atas minuman diletakkan biskuit yang bisa Anda campurkan menjadi satu dengan minuman. Atau, Anda cicipi sedikit demi sedikit untuk menawarkan rasa minuman yang mungkin terlalu manis.

Untuk hidangan, Anda bisa memilih risoles spesial, nugget, mi rebus dan goreng spesial, tempe kemul, spagheti, roti bakar, kentang goreng, atau puding buah. Roti bakar pun beragam isian, dari roti bakar keju, cokelat, blueberry, atau yang spesial paduan dari satu hingga tiga olesan isian.

Jika menginginkan sajian lebih mengenyangkan, Anda bisa memilih sajian andalan lain dari kafe yang dilengkapi wifi itu. Itulah galantin telur, yang cuma Rp 10.000.

Dalam satu piring saji, ada tiga potong rolade daging sapi yang disajikan dengan kentang, tumis sayuran, telur rebus. Semua bahan bergizi seimbang karena terdiri atas daging dan sayuran yang disiram saus manis yang mantap dengan irisan bawang bombai. Tak ada rasa terlalu manis atau asin. Karena, kemanisan saus bisa mengimbangi rasa rolade daging yang gurih dan agak asin.

Meski harga yang ditawarkan selaras dengan kantong mahasiswa, Dita memilih menu yang kuat di cita rasa. Apalagi dia mengolah semua secara segar. "Saya tak pernah menyetok makanan lama di freezer. Saya ingin rasa yang tersaji masih segar," tutur dia.

#Foto: Pitra Kurniawan

 

(Intan Esty)

© 2013 Tabloid Cempaka
Jl. Merak 11 Semarang Jawa Tengah. Telp. 3548118. Fax. 3545770
Email: redaksi@tabloidcempaka.com, iklan@tabloidcempaka.com