23 Februari 2015 | 13:07 wib | Cicip

Tiga Tjeret, Menikmati Angkringan ala Kafe

image

 

Menu ala angkringan di tempat bersuasana retro itu layaknya kafe modern.

"Saya menginginkan pelanggan menemukan menu yang lezat dan sehat."

Musim hujan masih tersisa. Hawa dingin masih kerap datang. Untuk menghangatkan tubuh pada waktu malam, ada beragam pilihan wedang dan cemilan bisa Anda pilih di Cafe Tiga Tjeret. Tempat kuliner yang selalu ramai pengunjung itu berada di Jalan Ronggowarsito 97 Ngarsopuro, Solo. Di sana ada aneka wedang dan kudapan khas angkringan yang layak dicoba. 

Karena berada di pusat kota, yakni di depan Pura Mangkunegaran dan sekitar Pasar Triwindu, tak mengherankan wisatawan lokal dan asing selalu meramaikan kafe itu. Terlebih saat akhir pekan, kafe Tiga Tjeret selalu ramai dijejali pengunjung.

Saat masuk kafe itu Anda akan disambut hangat oleh para pramusaji berbatik, di bawah temaram aneka lampu dan hiasan unik. Anda akan menjumpai pernak-pernik dan interior bergaya retro. Meja dari mesin jahit dan rak botol, lampu dari botol mineral, juga payung warna-warni yang unik. Semua membuat suasana makin semarak. 

Aneka musik keroncong, pop, dan jazz mengalun indah. Itu bisa Anda nikmati sembari memesan makanan. Jika Anda membawa buah hati tak perlu khawatir. Di sana ada aneka ayunan dan wahana bermain yang bisa digunakan buah hati untuk bergembira. Beragam hiasan <I>tempo doeloe<P> dan aneka lukisan terpajang manis di setiap bidang dinding.

Konsep dan ide itu lahir tanpa sengaja. Ignatius Bambang Wijanarko, yang akrab disapa Kecik, menuturkan mendirikan kafe itu karena ingin memiliki tempat nongkrong bareng kawan-kawan. " Tahun 2012 saya mendirikan kafe ini karena berpikir Solo membutuhkan tempat wedangan yang bisa memenuhi kebutuhan banyak pelanggan. Kebutuhan angkringan sebagai tempat kongko memang menjadi peluang tersendiri. Akhirnya sebulan saya menyiapkan kafe di tengah kota ini dengan konsep seadanya, tetapi tetap memesona," ujar pria asal Solo itu.

Kecik tak mengira keisengannya mengenalkan angkringan itu mendapat respons luar biasa. Seiring waktu, kafe Tiga Tjeret menjadi tempat favorit yang dikunjungi anak muda dan dewasa.

Menu Sehat

Kecik mempertahankan kudapan dan minuman khas angkringan lengkap dengan rasa dan penyajian asli. Nama Tiga Tjeret dia pilih karena memiliki filosofi khusus. "Dahulu, di angkringan pasti ada tiga ceret. Satu untuk air mendidih, satu untuk merebus teh, satu lagi air hangat kuku untuk mencampur semua minuman. Penjual angkringan menakar komposisi sesuai dengan cuaca. Bisa panas saat hujan, juga hangat saat cuaca cerah," ujar Kecik yang terjun langsung meracik resep minuman.

Kudapan seperti jadah bakar, tahu isi, aneka sate bisa Anda nikmati setelah dibakar sebentar. Nasi terik, nasi bandeng, nasi telur ala angkringan juga bisa menjadi pilihan menu makan siang atau malam. Yang khas adalah mendoan dan sate vegetarian dari tepung gluten.

Kecik memilih menu sehat untuk para pelanggan. Bagi dia, konsumen mulai anak balita hingga lanjut usia harus mendapatkan menu yang tak hanya nikmat tetapi juga sehat.

Harga semua kudapan itu cukup terjangkau. Tidak sampai Rp 10.000 per item. Para pengunjung biasanya tertarik memesan nasi terik dan wedang teh yang terkenal kental dan nikmat.

Karena ada fasilitas wifi, wahana bermain anak, musala, hingga alunan musik merdu, kafe yang buka mulai pukul 11.00 hingga tengah malam itu selalu ramai pengujung.

Beragam Minuman

Aneka menu minuman bisa Anda pilih. Khusus penyuka kopi, bisa memilih coffee latte, americano, cappuccino, coffee mocca, vanilla late, caramel coffee, milky coffee. Jika Anda penggila cokelat, ada menu ovaltine keju, choco ory, choco Vanilla, choco strawberry, choco mocca, oreo strawberry mate, strawberry milkshake, vanilla milkshake, chocolate milkshake, mocca milkshake. Setiap menu dihargai sekitar Rp 15.000 per gelas. 

Khusus teh, Kecik memiliki grean tea, mint tea, strawberry tea, dan beragam teh berasa buah lain. Jika tertarik shisa, ada shisha aneka rasa dari rasa apel, mint, bubble gum, peach, melon hingga orange. Untuk buah hati, ada menu tambahan lain seperti aneka es krim, squash, dan jus. 

Kecik menuturkan minuman favorit pengunjung adalah jahe nanas. Jahe nanas yang cuma bisa ditemukan di Tiga Tjeret adalah minuman perpaduan jahe, kencur, dan jeruk. Bahan dipilih yang berkualitas bagus agar rasanya terjaga.

"Banyak yang memesan minuman itu karena hanya bisa ditemukan di Tiga Tjeret," ucap Kecik

 

(farra)

© 2013 Tabloid Cempaka
Jl. Merak 11 Semarang Jawa Tengah. Telp. 3548118. Fax. 3545770
Email: redaksi@tabloidcempaka.com, iklan@tabloidcempaka.com