18 Maret 2016 | 14:32 wib | Cicip

Antusias di Fun Kitchen Tabloid Cempaka

image

Sore itu, Sabtu (12/3) ada yang berbeda di Valle Piza E Resto, area garden yang biasanya hanya ada meja dan kursi kini nampak ada jejeran meja panjang lengkap dengan peralatan memasak dan juga bahan-bahan. Iya, sore itu Tabloid Cempaka menggelar cooking class yang bertema Fun Kitchen, From appetizer to dessert yang diikuti oleh pembaca setia Tabloid Cempaka dari berbagai komunitas dan umum.  Jam menunjukkan pukul 4 sore ketika para peserta mulai berdatangan, sembari menunggu acara dimulai para peserta menikmati suasana sore yang cerah. Tepat pukul 16.30, acara dibuka oleh MC dengan menyambut para peserta yang hadir serta memperkenalkan chef dan asistennya yang akan memperagakan berbagai menu. Sambutan singkat juga disampaikan oleh Manager Umum Tabloid Cempaka, Bapak Sunarto, yang senang bisa kembali mendekatkan Tabloid Cempaka dengan para pembacanya melalui acara seperti ini. “Sebagai satu-satunya tabloid wanita yang terbit dari Jawa Tengah dan merupakan Grup Suara Merdeka, saya berharap Tabloid Cempaka bisa menjadi bacaan ibu-ibu sekalian dan bisa selalu dekat dengan pembaca setianya melalui acara off air seperti ini”.
Selesai sambutan, ac ara kelas memasakpun dimulai. Chef Suliyo yang didapuk dari pihak Valle Resto mulai mengajarkan membuat menu Appetizer Salad Almond. Peserta terlihat serius memperhatikan setiap langkah yang diperagakan Chef Suliyo didampingi asistennya, Setiawan. “Bahan yang dibutuhkan untuk membuat Salad Almond ini sangat mudah didapat di supermarket atau pasar swalayan terdekat”, terang chef Suliyo pada peragaan hidangan pembuka. Menu kedua giliran Setiawan unjuk kebolehan memasak Zuppa Creamosa didepan sekitar 30 orang dari berbagai komunitas kuliner di Semarang seperti Gila Kuliner, Kuliner Semarang Guyub Sedulur dan juga dari komunitas Ikatan Sekretaris Indonesia (ISI). “Menu western yang kita masak ini berasal dari Italia,” terang Setiawan sambil terus memasak. Langkah demi langkah dicatat oleh para peserta, sambil sesekali maju ke meja chef untuk melihat lebih dekat proses memasak.
Untuk menu Main Course dipilihlah Pasta Panceta. Makanan khas Italia tersebut memang sudah akrab dengan lidah orang Indonesia, selain itu menu ini juga hampir sama dengan menu-menu sebelumnya yaitu sangat mudah membuatnya dengan bahan-bahan yang mudah pula didapat. Sebagai dessert atau hidangan penutup, Valle Resto mendapuk Dony, asisten chef, untuk membuat Lava Cake. Hidangan pastry dengan coklat yang melumer ketika kita belah rotinya. Lava cake ini disajikan dengan gelato, es krim ala Italia juga yang padat namun bertekstur lembut dengan rasa susu yang kuat.
Pada setiap selesai satu menu, para peserta dipersilahkan untuk mencicipi hasil masakan yang diperagakan. Tak hanya mencicipi, peeserta juga cukup antusias bertanya kepada chef mengenai bahan-bahan dan tips-tips seputar memasak menu tersebut. Tak hanya mendapat pengetahuan baru, disela-sela sesi memasak, Tabloid Cempaka juga membagikan berbagai doorprize dari pendukung acara bagi peserta mengajukan pertanyaan, peserta yang dapat menjawab pertanyaan kuis serta special untuk peserta yang hadir paling awal.
Acarapun berakhir pada pukul 18.00. Setelah pengundian doorprize 2 buah voucher menginap di Karimun Butterfly Park ini para peserta bersama-sama menikmati hidangan menu-menu andalan dari Valle Piza E Resto. “ Saya sangat senang, karena mendapat ilmu cara memasak, menu masakan di sini juga enak, dan menang doorprize voucher menginap di Karimunjawa, lagi” seru Luviana salah satu pemenang doorprize.
(bernike dian)

© 2013 Tabloid Cempaka
Jl. Merak 11 Semarang Jawa Tengah. Telp. 3548118. Fax. 3545770
Email: redaksi@tabloidcempaka.com, iklan@tabloidcempaka.com