07 September 2016 | 20:00 wib | Cicip

Dingklik Rojo, Kelezatan Bebek Goreng dan Semangkuk Dawet Rojo

image

 

 

"Kinca dawet di sini istimewa. Dibuat dengan resep warisan leluhur."

 

Dingklik Rojo berdomisili di Jalan Batur Sari VI RT 003/005 Sawah Besar Semarang. Gerai memang terletak di dalam perumahan padat penduduk. Untuk mencarinya, Anda bisa menggunakan petunjuk jalan berupa gang menuju Panti Asuhan Ikhlasul Amal. Sekitar 20 meter, beloklah ke kanan dan carilah gang ketiga setelah gapura masuk. Anda bisa menemukan Dingklik Rojo ini ada di ujung jalan buntu, berbatasan persis dengan tambah dan sawah yang memiliki banyak semilir angin.

Dingklik Rojo berdiri pertama kali di tahun 2013, di lokasi yang sekarang ini berada. Kemudian resto ini pernah berpindah tempat ke Tambak Dalam dengan dua cabang yaitu di Poncol dan Pamularsih, dan baru di pertengahan 2016 ini Dingklik Rojo kembali ke lokasi awal.

Gunadi, pemilik, mengaku merintis bisnis kuliner dari dunia katering yang melayani pesta pernikahan maupun gathering. Kemudian ia mendirikan Dingklik Rojo yang bermenu andalan olahan penyetan bebek dan ayam, serta pepes tahu pedo yang pedas berempah.

Mengenai nama resto yang unik, Gunadi menuturkan bahwa dingklik itu adalah tempat duduk dari kayu yang biasa digunakan untuk memasak atau mencuci. Tapi jika dingklik yang sederhana diduduki oleh seorang raja, maka dingklik pun tak lagi nampak sepele seperti sedia kala. "Dengan nama yang unik, harapan saya bisnis saya ini bisa berkembang dari kecil hingga menjadi besar," begitu papar Gunadi pada Cempaka.

 

Menu Paket

Di Dingklik Rojo Anda bisa duduk di meja kursi kayu atau lesehan yang beralaskan tikar. Kemudian untuk santap malam, Anda bisa memilih paket ayam yang bertarif 18 ribu dan paket bebek yang bertarif 25 ribu rupiah. Satu paket ayam, Anda bisa mendapatkan ayam goreng atau bakar sesuai dengan keinginan Anda, dua macam sambal yaitu sambal bawang dan sambal tomat, lalapan, serta lauk pelengkap unik andalan Dingklik Rojo yaitu sate gembus dan plecing kangkung. Sate gembus di sini terdiri dari lima potongan besar gembus yang ditata di sunduk sate besar. Rasa dari gembus manis gurih, dengan aroma bakaran yang wangi. Sedangkan ayam dan bebek goreng yang ada, empuk dan bebas bau amis. Asin bumbu meresap  hingga ke tulang lunak, enak disantap bersama sambal dan juga nasi yang masih hangat mengepul.

Sebagai lauk tambahan, Anda bisa pula memesan pepes tahu pedo dalam ukuran lumayan besar. Pepes ini tak begitu pedas, namun kaya dengan aroma rempah yang ada di campuran bumbunya.

Untuk minuman, Gunadi menyediakan minuman standar ala warung penyetan seperti es teh, es jeruk dan air mineral. Yang membedakan  dengan warung kebanyakan adalah, di Dingklik Rojo ada minuman dawet durian yang sedap menggoda. Seharga 8 ribu rupiah, dawet rojo ini diletakkan dalam satu mangkuk soto kecil. Di dalamnya ada cendol, tape singkong, buah durian, nangka, serta kinca spesial. Menurut Gunadi, kinca dawet rojo adalah kinca yang diolah dengan resep turun temurun milik leluhurnya.

Pepes Bandeng.

Sementara ini Dingklik Rojo baru buka mulai pukula 16.00 WIB hingga 22.00 WIB. Ke depannya, Gunadi berencana akan membuka gerai lebih pagi sehingga tamu pun bisa mengenyangkan perut di jam makan siang.

Dalam sehari, Gunadi dan sang isteri yang masih terus melayani jasa katering ini dalam sehari mengolah sebanyak 25 sampai 40 ekor ayam atau sekitar 160 porsi paket ayam. "Sedangkan untuk bebek, kami menyediakan sekitar 100 porsi setiap harinya."

Pelanggan yang merapat sendiri datang dari masyarakat di sekitar kedai, dari Semarang atas, maupun dari kalangan komunitas. Banyak yang menyukai paket ayam plus sate gembut dan plecing kangkung olahan Dingklik Rojo. Bahkan kata Gunadi, banyak pula yang membawa pulang pepes tahu pedo yang dibungkus daun pisang miliknya.

 

"Sesekali ada pula pelanggan yang minta dibuatkan pepes lain, semisal pepes bandeng  presto. Pepes bandeng ini hanya kami buat berdasarkan pesanan saja," pungkas Gunadi yang selalu rajin mengikuti ajang bazar makanan di wilayah Semarang ini.

(Intan)

© 2013 Tabloid Cempaka
Jl. Merak 11 Semarang Jawa Tengah. Telp. 3548118. Fax. 3545770
Email: redaksi@tabloidcempaka.com, iklan@tabloidcempaka.com