13 Februari 2017 | 14:07 wib | Cicip

Tempat 24 Jam Menyeduh Kopi

image

 

 

Metode manual brewing banyak disukai di sini. Dinikmati sambil mencicip sandwich yang lezat mantap.

 

 

Coffee shop atau kedai kopi yang satu ini memiliki nama yang unik, Antara Kata. Menurut Ernest sang pemilik, kafe ini disediakan untuk mereka yang senang berlama-lama menyeduh kopi sambil berbincang tentang apa saja, atau sambil mengerjakan tugas atau tenggat waktu dari proyek apa saja. "Jadi di antara kata-kata, ada kami yang menemani dengan seduhan kopi dan racikan snek yang istimewa," begitu paparnya suatu ketika kepada Cempaka.

Antara Kata sendiri berdiri di sebuah ruko cukup besar di Jalan Durian Raya Nomer 68A, Srondol Wetan, Banyumanik, Kota Semarang. Dari arah pintu tol Sukun, Anda bisa menemukan kafe ini tepat di seberang Taman Tirto Agung yang selalu meriah ketika sore telah tiba.

 

Kasual Minimalis.

Antara Kata buka 24 jam. Hal inilah yang menarik pengunjung yang kebanyakan berasal dari kalangan mahasiswa dan juga orang-orang kantoran. Salah satu pelanggan tetap, Athanasia, mengatakan bahwa ia senang merapat di Antara Kata karena kedai kopi ini buka 24 jam penuh. "Jarang di Semarang saya menemukan tempat nongkrong yang buka hingga pagi menjelang," ujarnya.

Kafe ini memiliki kapasitas tempat duduk sebanyak 50 kursi. Untuk Anda yang ingin menyeduh kopi sambil ditemani asap rokok, ada deretan kursi kayu ditata di depan kedai. Ada pula ruangan smoking  yang indoor berpendingin udara, dengan satu meja besar berupa <I>sharing table<P>.

Konsep interior kafe sndiri dibuat kasual minimalis dengan warba-warna pendar yang nyentrik. Konsep lesehan di ruangan <I>no smoking<P> dihiasi wall decor berwarna kuning dan orange cerah yang menyenangkan.

Begitu memasuki pintu utama, melajulah langsung ke meja bar untuk memesan minuman dan makanan kesukaan Anda. Setelah itu barulah duduk bersantai menunggu pesanan Anda datang di kursi dan meja yang sudah Anda pilih.

 

Aneka Kopi

Makanan dan makanan yang disajikan di sini memiliki rentang harga mulai dari Rp.12.000 hingga Rp. 35.000. Menurut Ernest, kelebihan dari Antara Kata adalah, mereka memiliki kualitas makanan yang lebih tinggi dari kedai kopi mahasiswa biasa, namun tetap menggunakan harga mahasiswa dan pelajar yang sangat bersahabat. "Harga tetap bersahabat karena kami buka di lingkungan mahasiswa," ujarnya sambil tertawa.

Berbagai jenis seduhan kopi mulai espresso, macchiato, latte, hingga manual brewing ada di sini. Semua kopi ini diolah menggunakan biji kopi Toraja, Flores, Java Arabica, dan juga Java Robusta. “Favorit disini adalah latte sama manual brew," begitu ujar Ernest.

Untuk manual brewing, metode yang digunakan adalah V 60, aero press, syhpon, Vietnam drip, dan French press. “Kalau biji kopi kita terkadang ganti-ganti sesuai persediaan, biar pelanggan juga ikut mencoba yang beda, sedangkan roasting kita ambil diantaranya dari Tanah Merah, Jakarta, dan Pana Coffee, Semarang.”

 

Untuk menemani menyeduh kopi, Anda bisa memesan belasan racikan makanan ringan seperti <I>french fries<P> dan sandwich, atau makanan utama seperti rice bowl, spaghetti, dan laksa, serta sajian dessert seperti smoothie dan <I>cheese cake<P>. Untuk grandma sandwich yang berisi keju, ada dua tangkup roti bakar berukuran sedang yang disajikan bersama salad sayuran segar. Lapisan keju dan mayonaise ada di dalam roti bakar yang tertutup rapat. Menu ini biasa dipesan oleh para pelanggan yang datang selepas tengah malam, sebagai cemilan teman mengobrol atau mengerjakan tugas perkuliahan 

(intan esty)

© 2013 Tabloid Cempaka
Jl. Merak 11 Semarang Jawa Tengah. Telp. 3548118. Fax. 3545770
Email: redaksi@tabloidcempaka.com, iklan@tabloidcempaka.com