21 Oktober 2016 | 14:43 wib | Singkap

Widi Mulia & Dwi Sasono Beda Jalan Satu Tujuan

image

Sebagai orang tua mereka harus terus belajar, dan itu hanya bisa didapat dengan meluangkan waktu sebanyak mungkin bersama putra-putrinya.

 

Sebagai orang tua, sudah sepantasnya untuk memiliki cara tersendiri dalam mendidik serta merawat si buah hati. Pasangan selebriti Dwi Sasono dan Widi Mulia selalu memiliki cara yang jitu agar ketiga buah hatinya selalu merasa dekat. Anak merupakan kebanggaan setiap orang tua, maka dari itu berbagai cara pasti dilakukan orang tua untuk membuat anak-anak bahagia.

Sebagai seorang ibu, Widi memang berperan penting dalam mendidik ketiga buah hatinya. ''Sebagai seorang ibu harus selalu update terhadap perkembangan anak-anakku. Terkadang saya selalu mencari tahu apa yang menjadi hobi dan keasyikan mereka,'' kata Widi Mulia, personil Be Three ditemui di sela-sela acara fashion show batik di Plaza Indonesia, Jl. M. Thamrin, Jakarta Pusat, minggu lalu.

Diakui Widi, dirinya adalah sosok ibu yang bawel dalam segala hal. ''Mungkin sedikit kepo yah kalau mau tahu apa saja kepada anak. Saya senang menulis jadi segala sesuatu yang berhubungan dengan kata-kata dalam hal sikap, maka saya yang diandalkan oleh Mas Dwi,'' cerita Widi.

Widi dan Dwi memang berusaha selalu ingin lebih tahu mengenai dunia anak-anak dan hobi yang terkini. Mereka tidak ingin sebagai orang tua bila diajak berkomunikasi dengan buah hatinya lantas tidak mengetahui pembicaraan mereka. ''Saya biasanya dari Widi apa saja nih yang dilakukan anak-anak dan yang menjadi hobi mereka. Lalu kami mulai membaca dan mencari tahu apa sih yang terkini dari dunia anak-anak. Baik itu masalah ponsel terkini atau game terkini kami selalu mencari tahu dari buku atau internet,'' urai Dwi Sasono.

Sebagai orang tua tiga anak, Widi dan Dwi memang memiliki cara tersendiri mendidik buah hatinya. Baik Widi maupun Dwi gembira melihat perkembangan ketiga orang buah hatinya seperti anak-anak seumurnya. Mereka menikmati masa kanak-kanaknya dengan pelajaran yang diberikan kedua orang tuanya. Widi membiasakan buah hatinya rajin merapihkan mainan. ''Membereskan mainan. Mereka harus bereskan sendiri. Selain itu saya mengontrol pola belajar mereka," urainya.

Gaya mengasuh dapat berpengaruh pada sikap disiplin anak. Setiap orangtua, menurutnya, akan berbeda pemikiran dan tindakan kepada anak. ''Sebenarnya tergantung lifestyle masing-masing. Kalau sudah punya tiga anak, sudah ketahuan kita seperti apa. Ada dua sebenarnya lifestyle, yang kita pikir dan yang dijalankan,'' tuturnya.

Salah satu contohnya, Widi panggilan akrabnya, acap makan di ruang makan. Hal tersebut agar anak-anak terbiasa dan mencontoh. ''Tapi kalau kita jalan, jarang makan di meja. Ngga realistis juga mendisiplinkan anak harus makan di meja dan bangku ketika kita jarang makan bareng di meja makan," paparnya.

Untuk memulainya Widi mengaku tidak terlalu keras. Meski makan tak di meja makan, Widi menganggap suasana itu menjadi keseruan sendiri. ''Hanya memang harus ada gaya dan lifestyle yang kita adopsi bebas saja,'' tambah Wanita kelahiran Jakarta, 29 April 1979 itu.

 

Ayah Tegas

Pasangan suami istri ini sepertinya beda jalan, tapi satu tujuan dalam mendidik anak. Widi cenderung lebih sering berbicara dan sedikit bawel kepada buah hatinya, sedangkan Dwi Sasono merupakan gambaran ayah yang tegas, tapi jarang marah. Maka bila buah hatinya sudah mulai nakal susah diarahkan, barulah pemeran Adi Putranto di sitkom Tetangga Masa Gitu yang tayang di NET TV itu bertindak. ''Mas Dwi selama ini jadi papa yang asyik buat Dru, Widuri dan Den Bagus. Tapi kalau mereka sudah mulai kelewatan ya itu tugasnya Mas Dwi. Dan kalau papanya sudah berperan mereka jiper atau tidak berani macam-macam,'' kata Widi.

Dwi mengaku jarang sekali berbicara dengan buah hatinya. Jadi saat ia sudah berbicara maka anak-anak akan menurutinya. ''Saya orangnya jarang bicara, tapi lebih banyak bermain dengan mereka. Tapi saya menguatkan mereka dengan arti komitmen dan sikap. Bila mereka melanggar cukup saya lihat dan satu kali berkata maka mereka langsung menjalankan,'' jelas pria kelahiran Surabaya 30 Maret 1980.

 ini mengatakan dia dan suaminya saling mengisi dalam mendidik anak. "Mas Dwi meski orangnya tegas, tetapi dia asik dan paling detail hapal setiap jadwal anak-anak," ujar Widi.

Sebagai orang tua mereka harus terus belajar, dan itu hanya bisa didapat dengan meluangkan waktu sebanyak mungkin bersama putra-putrinya. ''Kami menomorsatukan anak-anak, kami ingin menjadi orang tua yang bisa mendidik buah hati agar mereka jadi pribadi yang baik. Itu semua bisa dicontohkan dengan sikap kedekatan bersama kami,'' ungkap Widi panjang lebar, diamini senyuman manis Dwi yang duduk di sampingnya.

Mereka tak malu disebut kurang gaul alias tipe orang rumahan. ''Kami berdua kalau punya waktu kumpul atau ketemu teman ya nyambi saat kerja. Kalau diniatin waktu khusus gaul bareng teman enggak mungkin. Waktu kami prioritaskan untuk anak-anak,'' cerita aktor Mendadak Dangdut itu.

Aktor yang pernah membintangi Mengejar Mas-Mas ini mengatakan bersama sang istri ingin selalu punya waktu untuk anak-anak. ''Pokoknya untuk gaul bareng teman ya kalau pas kerja, jadi bukan secara khusus. Bagi saya dan istri, waktu terutama adalah bareng anak-anak. Selalu seru diisi dengan beragam kegiatan meski seringnya di rumah. Yang penting kualitas bukan soal tempat,'' ujar dia.

Mereka pun selalu kompak. ''Anak-anak hepi sebab kami selalu ada untuk mereka meski kami berdua juga kerja. Saya dan Widi saling melengkapi saya tipe santai tegas, Widi tipe serius cerewet, pokoknya seru!'' kata Dwi yang menikahi Widi 4 November 2007.

(galuh)

© 2013 Tabloid Cempaka
Jl. Merak 11 Semarang Jawa Tengah. Telp. 3548118. Fax. 3545770
Email: redaksi@tabloidcempaka.com, iklan@tabloidcempaka.com