04 April 2013 | 19:04 wib | Bingkai

Ajak Anak Bermain dengan Tetangga

image

PENYANYI Marcell Siahaan tengah menikmati masa-masa menjadi seorang ayah. Di tengah kesibukannya, ayah dua anak itu pun tak pernah kehilangan komunikasi dengan anak-anak. Meski di bilang sibuk dan sering kali harus berada di luar kota untuk urusan kerjaan namun Maecell berprinsip keluarga tidak bisa dinomorduakan apalagi dengan urusan pekerjaan. Dia selalu berusaha membagi waktu dengan baik antara pekerjaan dan keluarga. 

"Buat saya keluarga itu tetap nomor satu. Dan saya bekerja juga demi keluarga. Saya beruntung anak-anak saya tidak selalu menuntut soal waktu. Mereka tahu benar pekerjaan orang tuanya. Jadinya tidak ada yang merasa kekurangan perhatian. Semua berjalan seimbang," kata penyanyi berambut cepak ini. 

Menghabiskan waktu bersama keluarga tak harus pergi ketempat jauh, menurut ayah dari Keenan Avalokita Kirana dan Edga Ian Cook ini. Dan, baginya, rumah adalah tempat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Sebagai orang yang rumahan, Marcell mengaku lebih nyaman berada di rumah daripada di luar rumah. 

''Paling kalau ke luar hanya berrenang atau  pergi ke mal. Tapi itu juga jarang, kami lebih suka berada di rumah." imbuhnya. Di rumah, tambah Marcell, semua yang dibutuhkan anak-anaknya sudah ada, jadi anak-anaknya lebih suka berada di rumah. Tak jarang ia dan  buah hatinya bermain dengan tetangga.

 

Kini, baik Marcell maupun sang istri sangat ingin kembali memiliki momongan. Kali ini meraka sepakat ingin punya momongan berjenis kelamin perempuan.  "Saya dan istri punya rencana nambah anak secepatnya!" ucapnya. Meski antusias dengan rencana menambah momongan,  diakui Marcell, ada sedikit rasa khawatir di hatinya, terutama soal biaya untuk membesarkan dan menyekolahkan anak-anaknya. "Kalau dengar soal inflasi, bikin takut melihat biaya pendidikan 20 tahun ke depan," tambah pelantun lagu Firasat ini.

 

Tidak ingin salah langkah, Marcell pun turut berguru pada seorang financial planner untuk mempersiapkan rencana masa depan keluarganya, termasuk membuatkan berbagai investasi rencana pendidikan anak-anaknya. "Merencanakan investasi sejak dini buat saya penting. Pilihannya bisa beragam, mulai dari tabungan berjangka hingga reksadana," ujar Marcell,

 

Hargai Perbedaan 

 

Indahnya perbedaan. Itulah yang terjadi dalam kehidupan rumah tangga pasangan berbeda agama Marcell Siahaan dan Rima Melati Adam. Keduanya terlihat begitu harmonis terutama dalam mendidik buah hatinya

Menjalani kehidupan rumah tangga dalam perbedaan agama sama sekali tidak masalah baginya.  Marcell menaruh rasa toleransi yang sangat besar kepada sang istri yang menganut Islam. .

Sejak awal menikah, Marcell dan Rima memang sudah membuat suatu komitmen mengenai agama. Saling menghormati mutlak diterapkan. Bahkan dalam memberikan contoh toleransi tersebut pada kedua buah hati mereka, pelantun tembang ''Peri Cintaku'' ini selalu ikut berpuasa di bulan Ramadan menemani sang istri

Lantas bagaimana Marcell mendidik sang  anak hasil pernikahan pertama dengan Dewi Lestari? Benarkah kabarnya Marcell tidak membekalinya dengan pendidikan agama?

"Anak saya didik untuk menjadi dewasa dan pintar. Karena bagi saya mengajarkan budi pekerti itu tidak harus selalu dengan landasan agama. Kalau kita punya dasar yang baik otomatis kita mengajarkan anak untuk memiliki berbudi pekerti," katanya menjelaskan

Marcell memang menganut agama Budha. Namun, ia tak mempermasalahkan keyakinan yang dianut orang lain. Bagi Marcell menghadapi sesuatu yang ada di bumi jauh lebih penting dari pada memikirkan apa yang ada di langit.

"Saya adalah penganut orang Budish yang menjalani kehidupan agama dengan santai. Jangan menjadi orang yang terlalu religius. Kadang orang yang terlalu religius menjadi tdiak realistis. Kalau saya realistis sangat penting karena saya hidup di bumi. Jangan mikirin yang di langit dulu kalau yang di depan saja kita belum beres.'' #Pitra Kurniawan 

 

Pilihkan Film Kartun dari DVD

 

Kurangnya tayangan yang mendidik di layar kaca televisi Indonesia membuat khawatir para orangtua, tak terkecuali Marcell. Ia melarang anaknya menonton tayangan televisi yang berlebihan dan tak layak tayang seperti sinetron. Ia tak ingin perkembangan jiwa anaknya tak sehat. Namun penyanyi solo ini bersyukur karena anaknya Kinan lebih suka menonton kartun dari keping cakram DVD.

"Sejak anak-anak kecil saya lebih senang memberikan porsi menonton film kartun melalui keping DVD, daripada hiburan di layar kaca," ujar Marcel 

Kinan, buah hatinya dari pernikahan terdahulu bersama Dewi Lestari ini, memang lebih menyukai film animasi. Salah satu film favoritnya adalah G Force. "Dia juga keranjingan film-film binatang seperti Madagascar. Saya mendukung karena di kartun itu lebih seimbang," jelas pelantun tembang ''Semusim'' ini.

Menurutnya, film kartun banyak memberikan hal positif dan negatif yang seimbang. Misalnya saja, kata Marcel, di dalam alur cerita film digambarkan bagaimana ketika orang  memiliki ambisi tertentu. 

"Banyak hal-hal yang menarik dan bisa dijadikan pelajaran," urainya.

Lantaran keseringan menonton film kartun, terkadang Marcel khawatir dengan kondisi DVD playernya.

"Mungkin kalau DVD bisa teriak, dia teriak kali. Soalnya dalam sehari bisa beberapa kali diputar," candanya

Masalah tontonan anak-anak juga sudah ia beritahukan kepada orang yang bersama anak-anaknya baik itu pembantu maupun pengasuh." Saya harus menjaga apa yang anak-anak tonton," tegasnya. Jika tontonan yang disajikan agak lebay (berlebihan, Red), misalnya, yang berhubungan dengan fitnah, yang ada hubungannya dengan ngomongin orang, yang melebihkan kasus yang semestinya nggak lebih, ia sangat melarang. Saya nggak ingin anak saya lebay, nggak ingin anak jadi dramatis. Soalnya dalam televisi banyak hal yang dramatis.

''Saya ingin anak saya menjadi anak yang seimbang dalam melihat apapun yang terjadi dengan baik, tanpa harus terpengaruh," kata Marcell menutup perbincangan.

(Pitra Kurniawan)

© 2013 Tabloid Cempaka
Jl. Merak 11 Semarang Jawa Tengah. Telp. 3548118. Fax. 3545770
Email: redaksi@tabloidcempaka.com, iklan@tabloidcempaka.com