17 Mei 2013 | 11:53 wib | Konsultasi Psikologi

Galau Memilih Sekolah

image


ASSAMU'ALAIKUM, Mbak Ika. Saya Nurma, saat ini kelas IX SMP. Sebentar lagi ujian dan masuk ke jenjang pendidikan lebih tinggi. Saya bingung harus memilih SMA atau SMK karena saya tak terlalu pintar matematika. Di bidang biologi dan bahasa Indonesia, kemampuan saya lumayan. Kalau bisa cantumkan nama sekolah di Semarang dan sekitarnya ya. Maaf sebelumnya jika pertanyaan saya terlalu panjang. Terima kasih, Mbak Ika.

08557409xxxxx

Wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh. Dik Nurma, bagaimana setelah ujian? Semoga tetap semangat dan optimistis ya merencanakan dan menempuh pendidikan lanjutan. Untuk memilih studi lanjut ke SMA/SMK ada beberapa hal bisa jadikan pertimbangan.
Pertama, melihat minat dan kemampuanmu yang lebih unggul di bidang biologi dan bahasa Indonesia, namun kurang memadai di bidang matematika, bisa jadi Nurma memiliki minat di bidang humaniora dan biologi. Adik bisa mencari informasi mendalam bidang ilmu murni biologi, kesehatan, keperawatan, psikologi, sastra, atau ilmu sosial yang lain di luar ekonomi. Namun untuk sampai ke sana lebih baik Adik menempuh SMA terlebih dahulu, untuk mempersiapkan diri ke jenjang pendidikan tinggi.
Kedua, coba pikirkan minatmu dalam aktivitas sehari-hari.Apakah Adik tipe yang menyukai pekerjaan sebagai pelaksana atau yang bersifat membuat konsep dan menuangkan ide-ide. Jika lebih suka sebagai pelaksana dalam mengerjakan tugas, lebih baik Nurma memilih jurusan yang bersifat vokasional, seperti di SMK (untuk tingkat pendidikan menengah atas) atau politeknik/D3 (untuk pendidikan tinggi).
Ketiga, biaya dan masa depan pekerjaan juga harus Adik pertimbangkan. Jika Adik merasa biaya tidak masalah dalam menempuh pendidikan, Adik bisa saja meneruskan ke SMA yang disiapkan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Namun jangan putus asa jika dana orang tua terbatas. Adik bisa melanjutkan ke SMK yang menyiapkan siswa untuk siap kerja. Setelah bekerja baru melanjutkan ke perguruan tinggi tidak masalah, karena banyak perguruan tinggi atau politeknik memfasilitasi hal itu.
Nah, Adik perlu berdiskusi dengan orang tua, guru di sekolah, atau kakak-kakak kelas dulu di SMP. Makin banyak informasi dapat membantumu menentukan pilihan. Namun perlu Adik ingat, minat dan kemampuan dalam menjalani itu semua yang paling utama. Tidak perlu ikut-ikutan teman sebaya untuk masuk ke sekolah tertentu. Yang penting kebutuhan dan tujuanmu yang jadi pertimbangan. Jika perlu kunjungi sekolah-sekolah yang sudah jadi incaranmu. Lokasi yang dekat dengan rumah dan situasi sekolah yang nyaman dapat membantu memotivasi kita lebih giat belajar. Untuk daftar nama dan profil SMA/SMK di Kota Semarang dapat dilihat melalui http://disdik.semarangkota.go.id/portal. Info SMK swasta di Semarang dapat diakses melalui http://seputarsemarang.com/daftar-smk-swasta-di-semarang/.

()

© 2013 Tabloid Cempaka
Jl. Merak 11 Semarang Jawa Tengah. Telp. 3548118. Fax. 3545770
Email: redaksi@tabloidcempaka.com, iklan@tabloidcempaka.com